Daftar Distro Linux Asli Indonesia


Daftar Distro Linux Asli Indonesia | MampirReview
Hallo assallamaualaikum para fans mampirnesia yang berbahagia kangen ngak sama artikel mampirnesia , sobat mampirnesia pasti tau dong apa itu linux jika tidak kalian bisa cek disini disitu saya sedikit menyingung tentang linux dan sejenak kita singkirkan linux sekarang kita fokus ke topiknya.

Ya seperti ditopik nya kita akan sedikit membahas distro linux seperti yang kita ketahui banyak banget distro linux kita ambil contoh aja kalilinux, ubuntu dan lain lain selain distro tadi ternyata negara tercinta kita indonesia juga memiliki distro Operasi Sistem yang punya logo burung lucu pinguin ini.

Emang apa aja sih distro asli Indonesia simak penjelasan dibawah ini.

1. BlankON
Distro pertama adalah BlankOn Distro asli Indonesia ini merupakan salah satu proyek open source polpuler di Indonesia, Yayasan Pengerak Linux Indonesia {YPLI} yayasan ini lah yang mengawangi Distro BlankOn, BlankOn diluncurkan untuk pertama kalinya pada tanggal 10-02-05.

Pada versi awalnya diversi 1.0 dan 1.1 BlankOn dibangun dengan basis sistem fedora selanjutnya di versi 2 {konde}, versi 3 {lontara}, versi 4 {meuligoe}, 5 {nanggar}, versi 6 {ombilin} dan versi 7 {pattimura} berbasiskan ubuntu baru diversi ke 8 {Rote} BlankOn ini baru menggunakan debian sebagai basis sistemnya.

BlankOn sudah Update dan memiliki versi terbaru XI Uluwatu hadir dengan pembaruan dan fitur-fitur baru terbaru.

Web BlankOn : blankonlinux.or.id
2. IGOS Nusantara
Pusat Penelitian Informatika Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia bersama komunitas adalah Team yang bertanggung jawab dan yang menangani Proye Open source IGOS Nusantara. Sejak tahun 2006, pengembang IGOS Nusantara (IGN) sudah merilis kurang lebih udah ada sekitar 11 varian Desktop versi mayor { IGN 2006, IGN 2007, IGN 2008, IGN 2009, IGN 2010, IGN 2011, IGN 8.9, IGN D9, IGN X, IGN 2016, dan IGN 12.12 }ditambah lagi beberapa versi minornya, seperti IGN X.1. Saat tahun 2016 IGN telah meluncurkan versi 12.12 tapi sayang ditahun  2017 dan 2018 ini team pengembang IGN gagal meluncurkan versi 13 dan 14 dikarenakan Gagal dalam membuild ISO Image maka dari itu versi 13 dan 14 nya tidak ada tapi jangan khawatir dan risau ditahun 2019 Team IGN kembali mencoba keberuntungan nya membuild ISO Image jika berhasil IGN berjanji akan meluncur kan Distro dengan nama IGN 15, selain menyediakan varian Desktop, distro berbasis Fedora ini juga menyediakan varian Server (saat ini sudah memasuki versi 2.0) dan varian untuk arsitektur ARM bisa difungsikan sebagai lingkungan Internet of Things.  Tidak hanya berperan menyediakan sistem operasi tim IGN juga memiliki sub-proyek atau cabang proyek IGNSDK. Sebuah tool untuk mengembangkan aplikasi desktop berbasis teknologi web.   
Situs IGOS Nusantaraigos-nusantara.or.id  
Situs IGNSDKignsdk.web.id  
3. TeaLinuxOs 
Distro dengan daun teh sebagai lambangnya ini merupakan distro turunan dari ubuntu yang fokus pada pemograman. Team yang bertanggung jawab dan pengembang distro ini adalah DOSCOM { Dinus OPen Source Community.
Pertama kali dirilis disyro TeaLinuxOs menggunakan destop Enviroment Default GNOME, kemudian di versi 4 katas baru menggunkan LXDE
Sampai sekarang, pengembang TeaLinuxOS sudah merilis 8 versi; versi 1.0 (Green Tea) berbasis Ubuntu 8.04, 2.0 (Black Tea) berbasis Ubuntu 9.10, 3.0 (White Tea) berbasis Ubuntu 10.10, 4.0 (Oolong Tea) berbasis Lubuntu 11.10, 5.0 (Kukicha Tea) berbasis Lubuntu 12.10, versi 7.0, dan versi 8.0.
Situs TeaLinuxOS: tealinuxos.org
4.DesaOsDesa
Seperti namanya Desa distro ini juga sangat merakyar dan distro linux yang bisa dipakai diwilayah perdesaan, Bisa diinstal dikomputer bersepesifikasi rendah.
Gedhe Foundation adalah Developer yang kengembangkan distro ini
desaosDesa OS merupakan distro Linux yang cocok dipakai di wilayah pedesaan dan bisa diinstal di komputer bersepesifikasi rendah.
DesaOS dilengkapai aplikasi Sikomar { Sistem Komunikasi Antar Rakyat }, dan Si desa 2.0 { Sistem  Informasi Desa }
Oh ya sampai lupa Distro Desa Os ini berbasis ubuntu sayangnya Deso Os telah mati tapi tenang ketua pengembang DesaOs yakni Razaqul Tegar telah berbgi repositori dari Desa Os di grub ubuntu indonesia sehingga calon pengguna tetap bisa mengunduh  semua berkas isonya meski todak melalui web resmi desaos.web.id
Situs Desa OS: desaos..web.id
5. DracOS
DracOs dengan Openbox (FB Zico Ekel)
Drac0s Linux merupakan satu-satunya distro Linux asli Indonesia yang fokus di bidang penetration testing.
Pengembangannya dimulai oleh Zico Ekel tahun 2015.
Bagi yang ingin tahu beda antara Dracos Linux dan distro-distro penetration testing lain, bisa membaca pernyataan manajer proyek, Zico Ekel, di tautan ini.
Situs DracOs Linux: dracos-linux.org

Next Post Previous Post