BAIK Bahasa Pemograman Asli Indonesia

 Mastama.my.id - assallamualaikum wr wb apa saja sih bahasa pemoragaman yang kalian kenal i ? php, java, python ahh itu biasa kali ini saya akan bahas bahasa pemograman asli Indonesia yaitu baik. Ada yang tau siapa pembuat bahasa Baik ini ?  ini aku kasih tau nih orang dibalik bahasa pemograman baik ini.


Baik


Perkenalan Pencipta Baik

Beliaulah Haris Hasanudin, seorang alumni SMAN 1 Bogor, yang meneruskan pendidikannya di Universitas Gunma, Jepang di jurusan ilmu komputer pada tingkat S1, dan meneruskan di jurusan ilmu komputer lagi pada tingkat S2.

Kini, Haris Hasanuddin bekerja di banyak tempat sembari mengembangkan BAIK. Ia bekerja di DigiOrchid (sebuah perusahaan IT di Singapura) selaku direktur, Hotel Salak The Heritage dan Bogor Hotel Institute juga sebagai IT Director. Sebelumnya, Haris pernah bekerja di Mitsubishi Information Network sebagai Senior System Engineer. Benar-benar sosok yang kaya akan prestasi, ya!

Mengenal Baik

BAIK atau Bahasa Anak Indonesia untuk Komputer adalah bahasa pemrograman buatan Indonesia yang menjadi alternatif terbaik untuk dipelajari para programmer pemula. Sistemnya yang sederhana dan berbasis bahasa Indonesia menjadikan BAIK sebagai bahasa pemrograman yang sangat mudah untuk dikuasai siapa saja.

Bahasa pemrograman BAIK hadir bukan tanpa alasan. Tujuan utama kehadiran BAIK adalah untuk menjadi sarana pembelajaran pemrograman termudah bagi anak-anak Indonesia. Hal ini pun bukan sekadar omongan, sebab sintaks bahasa pemrograman BAIK sungguh-sungguh berbasis bahasa Indonesia sepenuhnya. Jika dulu banyak anak muda Indonesia yang kesusahan dalam mempelajari coding lantaran terkendala kemampuan bahasa Inggris, kini tidak ada lagi sekat bahasa yang mengganggu pada sistem BAIK.

Kode source bahasa pemrograman BAIK tidak perlu melewati proses compile. Kemudian, bahasa programming BAIK mempunyai sistem programming berbasis objek dan struktur mirip bahasa C. Apakah bahasa pemrograman BAIK bisa digunakan untuk skala produksi? Jawabannya adalah iya. Ada fitur-fitur fungsional yang mendukung BAIK untuk membuat aneka produk software, seperti membuat embedded system, aplikasi GUI berbasis GTK, melakukan koneksi database ke server MySQL, dan membuat web app berbasis CGI.

Sampai saat ini, dokumentasi bahasa pemrograman BAIK masih terus dikembangkan di kalangan para pegiat dan pecintanya. Lebih membanggakannya lagi, sudah ada 2 publikasi ilmiah tentang bahasa pemrograman BAIK di skala internasional dan nasional, lho! Kalau Anda ingin memperkaya wawasan tentang BAIK, maka Anda bisa membaca referensi berikut:

Programming Language Based on Indonesian Lexical Parsing for Multi-Tier Web Development atau BAIK (Bahasa Anak Indonesia untuk Komputer) ini telah diterbitkan oleh Universitas Indonesia melalui JIKI (Journal on Computer Science and Information).

Basic Design of BAIK Scripting Language with Indonesian Lexical Parser for Internet-based Software Development yang diterbitkan oleh ICACSIS (Internasional Conference on Advance Computer Science and Information System).

BAIK Language for Visual Programming with Indonesian Natural Language yang diterbitkan dan didiskusikan pada MALINDO Workshop.

Dasar-Dasar Pemrograman Komputer disuguhkan berbeda, yakni menggunakan Bahasa Komputer Berejaan Indonesia.

Tertarik untuk belajar programming menggunakan BAIK? Jika iya, maka Anda bisa mendownload kode source BAIK secara gratis sekarang juga dari link: http://sourceforge.net/projects/baik/files/latest/download . Anda juga bisa mengunjungi website resmi BAIK di https://baik-lang.id untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seputar scripting BAIK.

Kelebihan Baik

Apa saja kelebihan bahasa BAIK untuk pemrograman komputer? Berikut adalah jawabannya:

  1. Tidak perlu compile source kode.
  2. Seluruh sintaksis dan kode-kodenya ditulis dalam bahasa Indonesia.
  3. Tidak perlu melakukan deklarasi variabel karena variabel pada bahasa pemrograman BAIK tergolong ke tipe otomatis.
  4. Bisa untuk mengakses database MySQL.
  5. Memiliki kode ekstensi .ina (arti: Indonesia).
  6. Bisa untuk membuat program network dengan bantuan TCP/IP.
  7. Mempunyai 1 dimensi Array yang disebut “Untaian”.
  8. Bisa untuk membuat file images.
  9. Mempunyai fungsi sub prosedur yang bisa didefinisikan setelah ataupun sebelum kode utama.

Contoh Code Baik

Mencetak Selamat Datang!
Code:

CETAK " hallo dunia "

Cara menulis dan menjalankan bahasa pemograman Baik 

Bagaimana jika kita ingin memulai coding dengan BAIK? Tentu saja kita bisa melakukannya dengan mudah. Perlengkapan yang dibutuhkan juga tidaklah banyak. Anda hanya akan memerlukan text editor sebagai alat bantu dalam menulis script.

Mula-mula, mari kita mulai dengan mendownload dan menginstal BAIK dengan cara berikut:

  1. Download kode source BAIK di http://sourceforge.net/projects/baik/ .
  2. Tunggu sejenak hingga proses download otomatis selesai berjalan.
  3. Begitu selesai, Anda bisa langsung mengklik file BAIK dan mengikuti prosedur instalasi yang sudah disediakan sampai selesai.
  4. Untuk menguji program dapat digunakan, buka BAIK 8 Shell.
  5. Lakukan uji coba example / contoh pada script BAIK > buka text editor atau command prompt yang ada pada Windows > ketikkan kode C:\baik\contoh\papan_uji.ina di BAIK Shell.
  6. Kalau menggunakan command prompt, Anda bisa menambahkan kode “cd” di depan URL: cd C:\baik\contoh

baik papan_uji.ina 

Jika instalasi berhasil, maka Anda bisa mendapatkan hasil begitu menjalankan kode-kode tersebut.

Berikutnya, kami akan memperlihatkan tutorial sederhana untuk membuat pesan “Selamat Datang” memakai BAIK. Ini cara-caranya:

Buka teks editor. Ketik: “Selamat Datang”.

  1. Buat folder baru dengan format *.ina > simpan sintaks tadi ke dalamnya. Selesai.
  2. Lakukan uji coba > buka Command Prompt / BAIK Shell
  3. Buka folder penyimpanan sintaks yang tadi pada poin 2.
  4. Ketik nama_file_anda.ina > tekan enter. Anda akan mendapatkan hasil berupa tulisan “Selamat Datang” yang telah dibuat.
  5. Uniknya, ada cara lain untuk menjalankan program BAIK yakni dengan membuka file *.ina seperti biasa Anda membuka aplikasi di Windows (klik dua kali). Sangat praktis!

Demikianlah pembahasan seru kali ini tentang bahasa pemrograman buatan Indonesia bernama BAIK. Tentunya kita sangat bangga bahwa ada bahasa pemrograman tersendiri karya anak bangsa yang sudah digunakan secara internasional!

Semoga ke depannya bisa ada lebih banyak developer anak bangsa yang menghasilkan bahasa pemrograman dan inovasi yang lebih canggih lagi. Anda juga bisa berkontribusi tentunya. Siapa tahu, hari esok adalah hari kesuksesan Anda dalam membuat penemuan IT baru!

Next Post Previous Post