Mengenal Sistem Operasi Linux

Mastama.my.id - Mengenal sistem operasi linux, sebelum itu mungkin saya bercerita asal mula saya mengenal linux, awal mengenal linux saya adalah kalilinux mungkin semua orang juga sama dengan saya awal - awal mengunakan linux karena ingin keren-kerenan selain itu pingin jadi hackel ya karena yang aku tau linux = menjadi hacker apalagi udah pakai distro kalilinux setelah itu karena bingung mengunakan linux (kalilinux). 

Mengenal Sistem Operasi Linux
Mengenal Sistem Operasi Linux

Saya kembali lagi ke Operasi sistemnya sejuta umat ya windows singkat cerita saya kembali lagi menggunakan linux saat saya semester 5 dan saat itu saya sedang mengambil magang menjadi system administrator dan disitu saya mulai hopping - hopping distro linux mulai dari ubuntu - fedora - linux mint - fedora lagi - opensuse dan sekarang saya udah menggunakan opensuse sebagai dayli driver saya dan tidak hopping hopping lagi .

oke sekarang kita ke materi kita kesejarah linux

Sejarah Linux

Pada awalnya pada 25 Agustus 1991 Linus Torvalds sebagai hobi proyek komputernya dia mengumumkan linux ke newsgroup. saat itu di masih menempuh kuliah jurusan ilmu komputer loh di Universitas Helsinki. 

Linus Torvalds
Linus Torvalds

berikut pengumuman yang diberikan linus.
Hello everybody out there using minix - I’m doing a (free) operating system (just a hobby, won’t be big and professional like gnu) for 386(486) AT clones. This has been brewing since april, and is starting to get ready. I’d like any feedback on things people like/dislike in minix, as my OS resembles it somewhat (same physical layout of the file-system (due to practical reasons) among other things). I’ve currently ported bash(1.08) and gcc(1.40), and things seem to work. This implies that I’ll get something practical within a few months, and I’d like to know what features most people would want. Any suggestions are welcome, but I won’t promise I’ll implement them:-)

Ia pun mengembangkan Linux di MNIX sampai matang. Kemudian Linus mengganti lisensi MINIX jadi GNU GPL. Kemudian, pengembangan terus dilakukan oleh para profesional hingga terjadi integrasi antara Linux kernel dengan komponen GNU.

Kolaborasi tersebut menghasilkan sistem operasi gratis yang dapat melakukan fungsinya dengan utuh.

Dulunya Linus Torvalds  ingin memberi nama kernelnya dengan nama Freak, gabunagn dari free, freak, dan Unix. Bahkan di awal pekerjaannya, ia sudah memberi nama Freak di beberapa file. Pada waktu itu, ia pun sempat mempertimbangkan nama “LINUX” tapi ia hiraukan karena dianggap mementing kepentingan prbadi.

Nah, baru pada masa perkembangan, file hasil pembutan diunggah pada FTP server. Kemudian, salah seorang kawannya di FTP Server menilai bahwa nama Freax kurang menarik.

Tanpa konsultasi dulu dengan Linus, ia mengubah nama dari project menjadi LINUX. Pada akhirnya  Linus teteap menyetujui penggantian nama tersebut dan sejak saat itulah nama LINUX dipakai hingga saat ini dan melengkapi sejarah linux sampai sekarang.

Kemudian pada tahun 1996 dengan Gimp Larry Ewing membuat maskot Karnel Linux bernama Tux pinguin lucu yang menjadi icon dari linux.

Kalau Kalian ingin dibuatkan pembahasan tux bisa request di komentar.

Antarmuka Pengguna

Linux dapat dikendalikan mengunakan satu atau bahkan lebih baris perintah CLI yang merupakan antarmuka berbasis text. semakin banyaknya pengembang banyak juga pilihan antarmuka yang bisa kalian pilih antara lain

  • GNOME
  • KDE
  • XFCE
antarmuka diatas hanya bisa kalian temukan di linux versi desktop ya untuk linux server kalian akan menemukan versi teks.

Distro Linux

Dikarenakan Opensource Linux memiliki banyak sekali Distro, Distro linux adalah sistem operasi yang dibagun dari kernel linux dengan penambahan komponen lain berupa module, aplikasi, service ataupun package lain agar tercipta sistem operasi dengan tujuan yang spesifik yang telah ditentukan oleh pihak pengembang.

Pihak pengembang Linux lalu mengeluarkan dan mendistribusikan Linux versi mereka ke public , hasil pengembangan inilah yang di sebut dengan DISTRO (baca: Linux DISTRibutiOn).

mungkin jika ingin kalian pingin bahas distro linux dengan rinci mungkin next saya akan bahaskan khusus

karena banyak distro linux saya kasih contoh 5 distro utama linux

  1. Slackware
  2. Debian
  3. Redhat
  4. Gentoo
  5. Arch

UNIX = LINUX

Katanya Unix adalah ibunya linux apa itu benar ? oke kita bahasa satu persatu mungkin kita akan singgung UNIX dulu ya.

Sistem operasi UNIX ditemukan oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie. Beberapa sumber teknologinya dapat ditelusuri kembali ke program rekayasa Multics yang dimulai pada tahun 1965 yang diprakarsai bersama oleh Bell Laboratories, Massachusetts Institute of Technology dan General Electric. Tujuannya adalah untuk mengembangkan pemrosesan multi-program interaktif A yang mampu sistem operasi time-sharing untuk menggantikan sistem operasi batch yang banyak digunakan saat itu.

singkat cerita akhirnya banyaknya Selanjutnya, berbagai versi sistem UNIX muncul dan yang umum saat ini adalah Sun Solaris, FreeBSD, IBM AIX, HP-UX dan lain-lain.

Perbedaan UNIX dan LINUX

sistem dari UNIX sebagian besar kompatibel dengan perangkat keras.Sistem UNIX Seperti AIX, HP-UX tidak dapat diinstall pada server x86. sementara linux bisa dijalakan di platform perangkat keras apa saja.  Unix adalah perangkat lunax komersil dan linux adalah perangkat lunak yang open source.

  • Linux bersifat open source, pengguna dapat memperolehnya dan kode sumbernya tanpa membayar biaya apa pun. Dapat membuat modifikasi yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan mereka sendiri. Menggunakannya secara gratis dan terus menyebar tanpa Batasan.
  • Linux memiliki semua fungsi UNIX dan siapa saja yang menggunakan sistem operasi UNIX atau ingin mempelajari sistem operasi UNIX dapat memperoleh manfaat dari Linux.
Kenapa kita harus pakai linux ? pertanyaan ini sebenarnya jawabanya adalah tidak harus disesuai kan saja dengan kebutuhan kalian.

Kelebihan Linux

  • Open Source
  • Kebal Malware
  • Performa Cepat
  • Customization

Kekurangan Linux

  1. butuh keahlihan lebih
  2. minimnya dukungan software
  3. proses intalasi dan konfigurasi yang sulit

mungkin sekian dari semoga bermanfaat see you.

Previous Post