Apa itu Open Source ? kalian harus tau ini


open soure software ? pasti sebagian sobat tau dong apa itu open soure software ?  tapi kemungkinan masih bertanya tanya open soure sofware itu apa sih ? ya kali ini saya akan menjelaskan apa itu open source software atau Free software Jika kalian mau install Aplikasi biasanya aplikasi premium ataupun aslinya itu berbayar contoh nya aja aplikasi kepunyaan mircosoft sebagian besar aplikasinya berbayar dikarenakan berbayar banyak konsumen tidak bisa membeli tenang saya saran kan mendownload open source sofware atau free software jangan beli yang bajakan ya.

Open Source adalah suatu label yang berlisensi pengembanggan yang pengelolahanya tidak dikontrol oleh perseorangan ataupun sebuah komutas Melainkan, open source dikoordinasi oleh pengguna yang saling bekerja sama dalam penggunaan source code (kode sumber) yang tersedia bebas dan dapat diakses atau dimodifikasi oleh siapa pun.

Bisa dimodifikasi Tapi saya ngak bisa pemograman ? tapi saya bukan devoloper ? tenang sob gue juga sama tapi kalian bisa lakukan ini yang pertama nya pastinya kalian harus download aplikasinya  dan memakainya kedua kalian bisa berpartipasi aktif seperti berikan saran,kritik, feedback, melaporkan bug dan menjadi beta tester jika ada update baru. Jika ada donasi untuk software nya jamgan ragu ragu memberi donasi tersebut intinya sih kalian harus berperan aktif tidak hanya download dan cuma pakai aja.

Jika kalian programer ataupun devoloper kalian pasti taukan harus apa ? Ya kalian bisa berkreasi sesuka hati tanpa adanya intervensi untuk mempelajari, mengubah, mengutak-atik, menambah bagian tertentu, memperbaiki, atau menyatakan bahwa sebuah program open source memiliki kesalahan.

Meskipun begitu, pengguna tetap diharuskan untuk bertanggung jawab penuh dan tidak asal-asalan dalam melakukan modifikasi sistem operasi dan perangkat lunak.

Berikut Ini adalah Contok OS dan Sofware yang punya indikasi open source oke kita langsung cekidot.

Sistem Operasi

Suatu OS atau operasi Sistem Ini sangat memperngaruhi kinerja suatu kompurter. Meski sebagian adalah berbayar seperti Windows dan  MacOs tetapi tenang Sistem Operasi ada yang gratis kok yang berlabel open source seperti UNIX,Linux dan berbagai macam keturunannya yang sejenis.

Perlu diingat, Linux sendiri memiliki beberapa jenis varian (distro), contohnya: Slackware, Debian, SuSE, dan Redhat.

Perangakat Lunak

Meski banyak ratusan ataupun bahkan ribuan dan jutaan software yang di buat dan dipasarkan  secara berbayar namun software atau aplikasi atau perangkat lunak yang di edarkan secara gratis yang mempunyai lisensi opensource ini beredar sangat banyak bahkan ratusan sampai ribuan dan jutaan..


Corel draw, Adobe Photoshop dan Microsoft Office merupakan bagian beberapa contoh sedikitnya perangkat lunak yang berbayar. Sedangkan sebagai gantinya Gimp, InkScape, Digikam dan OpenOffice merupakan perangkat lunak yang diciptakan dengan lisensi Open Source.


Next Post Previous Post