Perkenalan ARK Compiler Membuat Apk Android Lebih Mulus dari IOS

Di tengah kabar buruk dicabutnya lisensi Google dari Huawei, Huawei malah unjuk gigi dan berbuat banyak untuk Android. Yang paling hangat sih Huawei sedang memperkenalkan ARK Compiler untuk Android.

Apa sih itu ARK Compiler?Menurut dari pihak Huawei sendiri, teknologi dari ARk Compiler ini sangat bisa mendongkrak performa dari aplikasi Android itu sendiri.

Bahkan Huawei berani mengklaim bahwa ARK Compiler membuat aplikasi Android berjalan mulus bahkan melebihi dari aplikasi iOS. 

Mengutip dari Gizchina, ARK Compiler dapat mendongkrak performa aplikasi hingga sebesar 29 persen. Tak hanya itu, performa sistem akan dibuat naik menjadi 24 persen dan 44 persen untuk respon sistem.

"Ini adalah peningkatan yang sangat besar. Kami telah menantikan sistem Android untuk dapat melampaui iOS," kata Zhao Ming, Presiden Honor.

"Setelah seri Honor 20 dioptimalkan oleh ARK, kami memiliki pengalaman yang sebanding dengan iPhone, dan bahkan dalam beberapa hal kami lebih baik daripada itu," lanjutnya.

Lalu apa sih sebenarnya ARK Compiler itu, kenapa bisa pihak Huawei berani mengklaim performa dari aplikasi Android bahkan bisa bersaing dengan kemulusan aplikasi iOS?

Compiler sendiri adalah sebuah program komputer yang bisa menerjemahkan bahasa program didalam objek. Compiler juga bisa menggabungkan keseluruhan kode program sehingga menjadi aplikasi yang bisa dijalankan.

Sedangkan ARK Compiler iyalah sebuah compiler yang dikembangkan oleh perusahaan Huawei. Untuk menerjemahkan kode program menjadi aplikasi yang berjalan di OS Android.

Dengan sangat percaya diri pihak Huawei mengklaim bahwa kalau ARK Compiler berbeda dengan compiler pada umumnya yang sering dijumpai dan sering digunakan oleh para developer aplikasi Android dan Banyak sekali kelebihan yang bisa ditawarkan Huawei dari compiler ini.

Dikutip dari Huawei Central, ARK Compiler bisa jalan tanpa virtual machine yang selama ini menjembatani para developer dengan smartphone.

Tanpa menggunakan virtual machine dapat menghemat resource dan mempercepat dalam interpretation kode program atau bisa mengubahnya yang dari high-level ke low-level programing.

memakai memory recycling agar menbuat proses menjadi lebih optimal. Yang aplikasi Android jadi lebih mulus.

ARK Compiler adalah terobosan baru yang didesain bekerja dengan EMUI.

Ternyata compiler dikembangkan Huawei sejak 2009 lalu. Arsitektur ARK Compiler baru dimulai pada 2014, di tahun 2015 mereka membuat bahasa pemprogram sendiri.

Barulah di tahun 2019 ini, Huawei bisa memperkenalkan ARK Compiler kepada publik. Rencananya, Huawei akan meluncurkan ARK Compiler secara open source pada bulan November ini.


Next Post Previous Post