Apa Itu Freelancer ? dan 30+ Situs Freelancer Terpercaya dan Terbaik Untuk Mencari Uang

mastama.my.id -    jaman sekarang banyak orang yang terjun di dunia freelancer dan mencari uang tambahan di dunia freelancer karena fleksibilitas dari segala sisi yang di tawarkan. buat kalian yang ingin bekerja tidak dibawah aturan kantor dan bekerja di mana saja sangat cocok jika kalian menjadi freelancer.

Menjadi freelance semakin meningkat seiring dengan kemajuan teknologi, sudah semakin banyak perusahaan dan situs freelance yang memerlukan freelancer untuk membantu pekerjaan pada kantor mereka. Apalagi dengan situasi saat ini, pekerjaan lepas atau freelance dapat bekerja di rumah saja. Menjadi freelance juga tidaklah mudah karena Anda memerlukan keahlian khusus dan unik dan bersaing dengan freelance lainnya. Selain itu freelance juga perlu menjaga kualitas pekerjaan yang mereka buat atau mereka tidak akan dipakai kembali oleh perusahaan. Pengetahuan mengenai platform atau situs freelance menjadi penting untuk diketahui.

disini kami akan sajikan 40+ lebih situs yang menyediakan jasa freelancer mungkin dari beberapa situs ini cocok buat kalian dan kalian nanti bisa membanding bandingakan kalian cocok di situs freelancer yang mana sih

sebelum kita liat list situs nya satu satu kita bahas dulu apa perbedaan seorang freelancer dan seorang karyawan disini saya tidak membaguskan atau menjelekan suatu pekerjaan disini saya cuma menjelaskan perbedaanya tidak ada pekerjaan yang baik kembali keselera masing-masing oke kita bahas di mulai dari apa itu freelancer.


Apa itu Freelancer ?


Freelancer atau yang biasa disebut dengan tenaga lepas adalah pekerjaan yang tidak terikat kontrak jangka panjang namun tetap memiliki ikatan kerja yang kuat terhadap perusahaan. Kontrak yang diberikan terhadap freelancer ini biasanya hanya berisi project, design, waktu pengerjaan, dan juga biaya yang dikenakan. Biaya yang dikenakan terhadap freelancer ini pun akan bervariasi tergantung dari kesulitan proyek dan juga jam terbang.

Perbedaan Freelancer Dengan Pekerja Biasa 


Umum nya karyawan biasa atau yang biasa disebut dengan pekerja full-time akan bekerja pada hari senin – jumat dengan jam kerja yang berkisar antara 7-8 jam sehari. Karyawan biasa umumnya memiliki gaji tetap perbulan nya dan diwajibkan bekerja pada tempat yang sudah ditentukan seperti kantor, ruko, atau pun pabrik. Ini berbanding terbalik dengan freelance yang lebih mengutamakan fleksibilitas baik dari jam kerja, lokasi, ataupun pekerjaan yang dilakukan. 


Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Freelancer

Menjadi seorang freelancer memiliki kelebihan dan kekurangan, apa sajakah itu? Berikut adalah rangkumanya : 

Kelebihan 

  • Tidak terikat jam kerja, pekerjaan freelance dinilai bukan dari kehadiran absensi kantor, namun dari hasilnya.  Faktor ini membuat pekerjaan freelance sangat cocok bagi orang yang memiliki kendala waktu namun tetap dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik. 
  • Bebas lokasi bekerja, menjadi freelance juga memiliki keuntungan tidak diwajibkan hadir di kantor. Faktor ini membuat pekerjaan freelance cocok untuk mereka yang ingin menghindari macetnya jalanan, ataupun untuk mereka yang ingin melakukan pekerjaan remote antar kota ataupun negara. 
  • Pendapatan, hasil gaji yang didapat oleh seorang pekerja freelancer bersifat fluktuatif atau tidak fix. Pendapatan yang dihasilkan akan tergantung dari jumlah proyek yang dikerjakan. Ini membuat freelancer dapat mengatur apakah ingin mendapatkan pendapatan lebih atau tidak setiap bulanya.
  • Prospektif, banyak perusahaan yang saat ini membutuhkan freelancer, ini terbukti dengan banyaknya situs penyedia jasa freelance yang muncul saat ini. Jadi bisa dikatakan bahwa kesempatan untuk menjadi seorang freelancer sangat tinggi. 

Kekurangan 

  • Fasilitas pendukung, karena tidak memiliki perusahaan tetap, maka seorang freelancer biasanya tidak memiliki asuransi, atau fasilitas kantor lainya.
  • Hilangnya inspirasi, dengan banyak proyek dari berbagai industri, bukan tidak mungkin seorang freelancer akan kehilangan inspirasi di pekerjaanya. Ini akan lebih sering terjadi untuk mereka yang di industri kreatif seperti content writer, atau web developer. 
  • Sulit bersosialisasi, karena tidak memiliki perusahaan yang tetap dan tidak diwajibkan pergi ke kantor, biasanya freelancer akan kesulitan bersosialisasi dan sulit untuk memiliki teman. Status sosial, bagi sebagian orang khususnya generasi diatas tahun 80-an, jabatan dan pekerjaan yang settle di satu perusahaan merupakan keharusan. Ini sering menimbulkan kesalahpahaman bahwa freelancer adalah seorang pengangguran.

Jenis Pekerjaan Freelancer


Jika kesulitan menemukan ide yang cocok untuk memulai pekerjaan freelance, maka telah kami rangkum beberapa pekerjaan yang umumnya dikerjakan oleh tenaga freelance : 
  1. Content Writer
  2. Ghostwriter 
  3. Desain (logo, website, produk, dll) 
  4. Konsultan Bisnis 
  5. Proofreader
  6. Barista
  7. Fotografer 
  8. Data Entry & Data Mining 
  9. Jasa Penerjemahan 
  10. Jasa Digital Marketing 
  11. Pemandu Wisata 
  12. Guru Les Privat
dari diatas itu merupakan bisa di katakan masih sedikit karena masih banyak jenis pekerjaan yang belum saya sebutkan

oke sekarang kita bahas situs freelancer yang saya rekomendasikan baik dalam negeri dan luar negeri kalian bisa coba mencari freelance disini

Situs Freelance Indonesia Terbaik & Terpercaya


1. Fastwork.Id



Fastwork adalah platform freelancer profesional nomor 1 terbesar di Asia Tenggara, berasal dari Thailand dan kini mengembangkan sayap ke Indonesia. Fastwork membantu pelaku bisnis Indonesia untuk menemukan dan mempekerjakan freelancer secara sederhana, cepat, aman, dan hemat biaya untuk mempercepat pertumbuhan bisnis mereka. Jenis dan lowongan pekerjaan freelance yang bisa diambil antara lain: Desain grafis (seperti jasa desain logo, desain kemasan, desain kaos, ilustrasi), Penulisan (seperti jasa tulis artikel SEO),
Video Grafis, Penerjemahan, Pemasaran online dan influencer, Entry data, Pengembangan web dan aplikasi. Masih banyak lagi yang bisa diexplore. Langsung saja daftarkan diri situs freelance indonesia yang satu ini ya. Semua proses dapat anda dilakukan secara online kok..

2. Projects.co.id


                                  


Projects.co.id adalah website buatan anak bangsa, yang bertujuan untuk mencari jasa freelancer dan transaksi produk digital dengan sistem kerja remote.

Situs freelance ini sangat cocok untuk anda yang masih pemula. Karena syarat pendaftarannya tidak rumit seperti pada web freelancer lainnya.

Lowongan freelance yang bisa ditemukan disana:

  • Jasa pembuatan website,
  • Pembuatan aplikasi mobile,
  • Jasa SEO,
  • Menulis Artikel,
  • Penerjemah,
  • Desain Grafis (logo dan lainnya).

Dan masih banyak lagi jenis-jenis pekerjaan yang mungkin cocok untuk anda. Seperti menonton tayangan youtube hingga 4000 jam pun ada…

Terlepas dari tempat bertemunya freelancer dengan owner, di situs ini anda juga bisa melakukan transaksi jual beli produk digital.

Seperti ebook, program, software, dan banyak lagi produk-produk digital sejenis.

So, sayang sekali kalau tidak dimanfaatkan…


3. Sribu

Jangan heran karena namanya memiliki kesamaan, karena memang Sribu.com masih satu grup dengan Sribulancer. Bedanya Sribu.com dibuat khusus untuk pekerjaan seputar desain saja. Berbagai macam jenis desain dapat ditemui di situs ini. Logo – Web, Kartu Nama, dan kop Surat Desain Bisnis dan Merketing – Banner, poster, flyer, dan company profile Kemasan & Label – Desain kemasan, produk dan label Desain baju/kaos dan Merchandise Desain cover buku dan majalah Bagi anda yang punya keahlian Desain grafis, situs ini sangat cocok untuk menjadi freelancer desain. Karena ratusan ribu job menanti anda di sana. Ingat ya, situs ini adalah situs freelance untuk pemula yang sangat wajib kamu coba.

4. Sribulancer

Sribulancer adalah salah satu platform (situs freelance Indonesia) buatan anak bangsa yang paling top saat ini. Wajar kalau yang satu ini masuk rekomendasi sebagai situs freelance indonesia yang wajib dicoba. Banyak sekali freelancer senior dan berkualitas bergabung di platform ini. Oleh karena itu, untuk menjadi seorang freelancer di platform ini agaknya sedikit rumit dan banyak persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar. Untuk pemula mungkin akan sedikit kesulitan mendapatkan project disini, karena diperlukan potofolio atau pengalaman project yang dikerjakan. Namun dari segi pilihan pekerjaan, Sribulancer tentu lebih unggul. Kategori pekerjaan dan lowongan freelance yang tersedia antara lain: Website (Mulai dari membangun, hingga pemeliharan tersedia), Penulisan Desain Grafis (Logo, undangan, spanduk dll) Bisnis & Pemasaran Online ( SEO, Google Ads, Social Ads) Penerjemah ( Inggris, Mandarin) Apps developer Video dan Fotografi Data Entry. Kelebihan situs ini adalah tersedianya versi bahasa Inggris, sehingga memungkinkan freelancer mendapatkan client dari luar negeri.

5. Rajabacklink

Anda seorang Blogger yang ingin mendapat penghasilan dari tulisan Anda? Kami percaya akan kemampuan menulis Anda, dan para Advertiser membutuhkan Anda untuk mempromosikan produk mereka. Jadi jangan ragu untuk bergabung bersama RajaBacklink.com dan tingkatkan penghasilan melalui blog Anda. Blog yang dipasang backlink dari Advertiser harus "dofollow" tidak boleh dipasang "nofollow". Advertiser membayar Blogger, dalam rangka mendapatkan backlink, agar halaman artikel blog diindex oleh Google.


6. Mediabacklink


Mediabacklink.com merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang digital advertising agency yang membantu para pembisnis untuk melakukan promosi baik review produk ataupun meningkatkan posisi kayword produknya ke halaman 1 mesin pencarian.

Mediabacklink.com hadir untuk membantu para advertisers dan blogger untuk mencapai tujuan masing masing. 

Para advertiser dapat memilih sesuka hati blog atau website mana yang akan mereview produk mereka sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan dan sesuai dengan niche yang diinginkan. Begitu juga blogger bisa menerima ataupun menolak orderan yang ditawarkan oleh advertiser apabila tidak sesuai dengan keinginannya.

Perlu diketahui bahwa Mediabacklink.com menyeleksi blog/web yang mendaftar. Tidak semua blog yang masuk disetujui karena kami lebih mementingkan kualitas bukan kuantitas hal ini bertujuan agar advertiser mampu memilih secara tetap sehingga sasaran dalam bisnis akan cepat tercapai.

Dengan membeli backlink bersama mediabacklink.com bukan hanya untuk meningkatkan peringkat dimesin pencari namun juga meningkatkan kepercayaan pembeli produk Anda untuk melakukan transaksi.


 Situs Freelancer Internasional Terbaik dan Terpecaya

1. Upwork
2. Freelancer.com
3. Intellifluence
4. 99designs
5. Toptal
6. LinkedIn
7. Indeed
8.  Fiverr
9.  Truelancer
10.  Guru
11. SimplyHired
12. PeoplePerHours
13. Flexjobs
14. ProZ
15. Translators Cafe
16. Dribbble
17. Behance
18. ServiceScape
19. Writer Access
20. Designhill
21. Contena

Next Post Previous Post